Elvinawati, Kartini Penggiat Literasi SMAN 1 Lembah Gumanti

Alahan Panjang, sman1lembahgumanti.sch.id – Peringatan hari Kartini pada tahun 2020 ini, tidak semeriah tahun sebelumnya. Pandemi virus corona telah mengubah hiruk pikuk sederet tradisi hari Kartini. Sebut saja Parade Pakaian adat, Upacara Hari Kartini, Perlombaan Unik khusus emak-emak, Parade pakaian kebaya dan Aktraksi ibuk-ibuk berpakaian kebaya yang terlihat di jalanan. Namun karena kita harus mengurangi aktivitas di luar rumah, dan tak bisa lagi menjalankan tradisi Hari Kartini seperti tahun sebelumnya, maka tahun ini bisa meramaikan peringatan hari Kartini melalui medsos.

Kartini lahir di Jepara, 21 April 1879. Sang pendobrak emansipasi wanita, yang telah memperjuangkan hak-hak wanita yang dianaktirikan. Sehingga menjadi suatu pengakuan, di mana para wanita juga bisa turut berkontribusi pada negara, sama seperti laki-laki.

Hari ini sudah banyak muncul pendekar-pendekar Kartini di berbagai bidang. Bahkan sudah hampir semua lini dikuasai oleh para Srikandi yang berasal emak-emak. Sebut saja namanya Elvinawati. Wanita kelahiran 23 Juni 1983 di Simpang Tanjung Nan IV, Kec. Danau Kembar, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat salah satunya. Gigih dan tekun itulah prinsip yang tertanam dalam dirinya.

Wanita yang akrab dipanggil sehari-hari, El ini pantang menyerah dengan keadaan. Berstatus sebagai tenaga honorer di Perpustakaan SMA Negeri 1 Lembah Gumanti sejak 19 Juli 2004, tetap mau mengembangkan diri dengan ilmu perpustakaan. Ada-ada saja ide terbaru yang muncul untuk menata perpustakaan sekolah agar ramah dikunjungi guru dan siswa.

Bersama Kepala Perpustakaan, Apri Eza Mauria, S.Pd dan Tenaga Perpustakaan, Harmi Zulfina, S.Pd, Elvinawati yang juga tamatan D3 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Padang ikut mempelopori gerakan literasi di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti.

“Sekali dalam satu semester, kami selalu mengadakan pemilihan Duta Baca dan Pengunjung Perpustakaan terbanyak untuk siswa”, ungkap Elvinawati.

Mereka yang terpilih sebagai Duta Baca akan menjadi icon dan referensi bagi teman-temannya untuk ikut mengkampanyekan pentingnya membaca dikalangan pelajar, imbuh elvinawati yang juga menambah ilmunya di UMMY Solok jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Dengan menggeliatnya penerapan literasi di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti, membuat Elvinawati ikut berbangga. Di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti, diberikan pengalokasian waktu yang cukup untuk pembelajaran literasi. Kegiatan yang dilaksanakan adalah membaca buku yang ada pada literasi kelas selama 15 menit dan menuliskan ikhtisarnya dalam buku yang telah ditentukan.

Pembiasaan membaca buku dianggap dapat menumbuhkan minat baca. Jika membiasakan diri untuk membaca sudah tertanam, maka akan terbentuk karakter gemar membaca. Dan akhirnya akan tumbuh budaya membaca yang baik.

Hasil kerja keras Elvinawati sebagai tenaga perpustakaan akhirnya berbuah manis. Pada tahun 2018, ia dinobatkan sebagai juara 1 tenaga Perpustakaan SMA tingkat Kabupaten Solok. Tak lama berselang, pada tahun 2019 Elvinawati kembali meraih juara 1 Tenaga Perpustakaan Tingkat Kabupaten Solok dan bahkan sekaligus dinobatkan sebagai Juara 2 Tenaga Perpustakaan SMA Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019. Ternyata perjuangan dan usaha keras tidak pernah mengkianati hasil. Selamat buat Elvinawati, sang Kartini Muda yang telah mengharumkan namanya untuk ikut mengerakkan Literasi Sekolah. (mt)