Puasa Arafah dan Keutamaan Bulan Dzulhijah

Niat Puasa Arafah pada setiap tanggal 9 Dzulhijah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta’ala, artinya saya niat puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala.

Puasa Arafah adalah di antara kekhususan umat Islam. Pada hari tersebut disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan haji untuk melakukan puasa. Puasa Arafah dapat menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun. Pahala puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah lebih afdhal dari pada pahala puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram.

Keistimewaan puasa Arafah menurut Hadist Rasulullah SAW;

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Sehari sebelum merayakan Idul Adha, umat muslim sangat dianjurkan untuk berpuasa Arafah yakni puasa sunnah pada hari ke-9 di bulan Dzulhijjah atau bertepatan dengan pada hari kamis tanggal 30 Juli 2020.

Menurut referensi dari buku The Miracle of Fast halaman 52, karya H. Amirulloh Syarbini, M.Ag, puasa Arafah juga dapat mendatangkan 10 kebaikan jika kita jalankan secara ikhlas.

1. Berkah Umur

Allah SWT akan memberi keberkahan umur bagi yang berpuasa Arafah dengan niat semata karena Allah dan dalam rangka memuliakan bulan Dzulhijjah. Jadi usia kita semakin berkah.

2. Bertambah Rezeki

Allah SWT akan membukakan pintu rezeki lebih luas jika kita berpuasa pada bulan Arafah. Puasa juga bikin tubuh jadi lebih sehat, dengan begitu kita bisa menjemput rezeki dengan lebih semangat.

3. Rumah Tangga Lebih Bahagia

Puasa sunah tentunya bikin kita lebih dekat dengan Allah SWT, dan tidak ada ketenangan jiwa yang lebih baik dari kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya. Hati yang tenang dan keimanan yang bertambah akan membuat rumah tangga semakin sakinah.

4. Diampuni Segala Dosa

Inilah salah satu keutamaan yang sangat besar dari puasa Arafah sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut: “Dari Abu Qatadah, ia berkata: Rasulullah saw telah bersabda, “Puasa pada hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

5. Dapat Pahala Berlipat Ganda

Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak amal saleh di bulan Dzulhijah karena keutamaan pahalanya yang berlimpah.

6. Mudah Dalam Kematian atau Sakaratul Maut

Siapa pun pasti mengharapkan jalan kematian yang dimudahkan. Ternyata inilah salah satu kemuliaan dari puasa Arafah bagi siapa pun yang menjalankannya dengan mengharap ridha Allah SWT.

7. Terang Alam Kubur

Puasa Arafah bisa menjadi penerang selama berada di alam Barzah.

8. Berat Timbangan Amal Saat Hari Penghisaban

Limpahan pahala dari menunaikan puasa Arafah, kelak juga bisa menjadi pemberat timbangan amal di padang Mahsyar.

9. Dimuliakan Di Dunia

Allah SWT akan menjaga kita dari terpuruknya kedudukan, baik dengan cara menyelamatkan dari langkah yang salah atau pun memberi ilham untuk mencapai kesuksesan.

10. Naik Martabat di Sisi Allah SWT

Siapa pun yang gak mau melewatkan keistimewaan berpuasa Arafah, pasti akan Allah SWT naikkan derajatnya di akhirat. Nah, sayang banget kalau puasa sunah ini dilewatkan begitu aja.

Di bulan Djulhijjah ada keutamaan yang bisa dikerjakan umat muslim untuk mendapatkan pahala diantaranya ;

1. Islam disempurnakan oleh Allah pada bulan Dzulhijjah

Para ulama sepakat bahwa ayat Qs. Al Maidah: 3 turun di bulan Dzulhijjah saat haji wada’di hari Arafah.

2. Puasa Arafah adalah di antara kekhususan umat Islam

Di dalam bulan Dzulhijjah ada sebuah hari yang sangat agung, yaitu hari Arafah. Pada hari tersebut disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan haji untuk melakukan puasa. Puasa Arafah dapat menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun. Pahala puasa Arafah (9 Dzulhijjah) lebih afdhal daripada pahala puasa Asyura (10 Al Muharram).

3. Darah-darah hewan kurban ditumpahkan terbanyak di bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah selain sebagai bulan haji juga disebut sebagai bulan kurban, karena banyaknya hewan kurban yang disembelih pada bulan tersebut.

4. Dzulhijjah adalah bulan muktamar umat Islam tingkat dunia

Di hari Arafah, umat Islam yang datang dari seluruh penjuru dunia untuk melaksanakan haji berkumpul di padang Arafah, demi melakukan prosesi puncak pelaksanaan manasik haji, yaitu wukuf di Arafah.

Amalan-amalan di bulan Dzulhijjah Karena keutamaan yang banyak inilah, maka disyari’atkanlah amal-amal shalih dan diberi ganjaran yang luar biasa. Di antara amal-amal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dzikir

Berdzikir yang lebih diutamakan di hari-hari yang sepuluh ini adalah memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid. Bukan hanya dilakukan di masjid atau di rumah, namun berdzikir ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Bahkan para Sahabat Nabi sengaja melakukannya di tempat-tempat keramaian seperti pasar.

2. Puasa

Puasa termasuk amal shalih yang sangat disukai oleh Allah. Di samping anjuran melakukan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, maka disukai juga untuk memperbanyak puasa di hari-hari sebelumnya (dari tanggal 1 sampai dengan 8 Dzulhijjah) berdasarkan keumuman nash-nash hadits tentang keutamaan berpuasa.

3. Tilawah Al Qur’an

Adalah hal yang sangat baik jika dalam waktu 10 hari tersebut, kita dapat mengkhatamkan bacaan Al Qur’an dengan membaca 3 juz setiap harinya. Hal ini sebenarnya mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan waktu sebelum dan sesudah shalat fardhu. Dengan membaca 3 lembar sebelum shalat dan 3 lembar sesudah shalat, insya Allah dalam 10 hari kita mampu mengkhatamkan Al Qur’an. Intinya adalah mujahadah (bersungguh-sungguh).

4. Sedekah

Di antara yang menunjukkan keutamaan bersedekah adalah cita-cita seorang yang sudah melihat ajalnya di depan mata, bahwa jika ajalnya ditangguhkan sebentar saja, maka kesempatan itu akan digunakan untuk bersedekah.

5. Kurban

Kurban adalah ibadah yang disyari’atkan setahun sekali dan dilaksanakan di bulan Dzulhijjah. Ibadah kurban itu merupakan kekhususan dan syi’ar yang hanya terdapat di dalam bulan Dzulhijjah

6. Haji

Sebagian semua prosesi manasik haji dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

Nah, tunggu apalagi jangan dibiarkan bulan Dzulhijah lewat begitu saja.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin

#Dikumpulkan dari berbagai sumber#

bisa juga dilihat di https://martin.gurusiana.id/article/2020/07/puasa-arafah-dan-keutamaan-bulan-dzulhijah-2977261