Puasa Arafah 9 Zulhijah, Yuk Warga SMANSA Legum Kita Besok Puasa Sunah

Tak terasa besok sudah memasuki tanggal 9 Zulhijah 1442 Hijriah. Salah satu keutamaan bulan zulhijah adalah pada tanggal 9 Zulhijah disunatkan untuk melaksanakan puasa arafah.

Dikutip dari berbagai referensi Puasa Arafah adalah di antara kekhususan umat Islam. Pada hari tersebut disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan haji untuk puasa. Puasa Arafah dapat menggugurkan dosa-dosa selama dua tahun. Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah lebih afdhal dari pada pahala puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram.

Keistimewaan puasa Arafah menurut Hadist Rasulullah SAW;

امُ لَى اللَّهِ السَّنَةَ الَّتِى لَهُ السَّنَةَ الَّتِى امُ اشُورَاءَ لَى اللَّهِ السَّنَةَ الَّتِى لَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Sehari umat sebelum merayakan Idul Adha, muslim sangat disarankan untuk merayakan Arafah yakni puasa sunnah pada hari ke-9 di bulan Dzulhijjah atau bertepatan dengan hari senin tanggal 19 Juli 2021.

Menurut referensi dari buku The Miracle of Fast 52, karya H. Amirulloh Syarbini, M.Ag, puasa Arafah juga mempunyai 10 keutamaan jika kita jalankan dengan ikhlas.

1. Berkah Umur

Allah SWT akan memberkati umur bagi yang merayakan Arafah dengan niat semata-mata karena Allah dan dalam rangka memuliakan bulan Dzulhijjah. Jadi usia kita semakin berkah.

2. Bertambah Rezeki

Allah SWT akan membukakan pintu rezeki lebih luas jika kita membaca di bulan Arafah. Puasa juga bikin tubuh jadi lebih sehat, dengan begitu kita bisa bertemu rezeki dengan lebih semangat.

3. Rumah Tangga Lebih Bahagia

Puasa sunah tentunya bikin kita lebih dekat dengan Allah SWT, dan tidak ada ketenangan jiwa yang lebih baik dari dekat seorang hamba dengan Tuhannya. Hati yang tenang dan semakin bertambah akan membuat rumah tangga semakin sakinah.

4. Diampuni Segala Dosa

Inilah salah satu keutamaan yang sangat besar dari puasa Arafah sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut: “Dari Abu Qatadah, ia berkata: Rasulullah saw telah bersabda, “Puasa pada hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang lalu akan datang.” (HR.Muslim)

5. Dapat Pahala Berlipat Ganda

Rasulullah SAW sangat membantu umat muslim untuk memperbanyak amal saleh di bulan Dzulhijah karena keutamaan pahalanya yang berlimpah.

6. Mudah Dalam Kematian atau Sakaratul Maut

Siapa pun pasti mengharapkan jalan kematian yang dimudahkan. Inilah salah satu kemuliaan dari Arafah bagi siapa pun yang menjalankannya dengan mengharap ridha Allah SWT.

7. Terang Alam Kubur

Puasa Arafah bisa menjadi penerang selamat berada di alam Barzah.

8. Berat Timbangan Amal Saat Hari Penghisaban

Limpahan pahala dari menunaikan puasa Arafah, kelak juga bisa menjadi pemberat timbangan amal di padang Mahsyar.

9. Dimuliakan Di Dunia

Allah SWT akan menjaga kita dari terpuruknya posisinya, baik dengan cara menyelamatkan dari langkah yang salah atau pun memberi ilham untuk mencapai kesuksesan.

10. Naik Martabat di Sisi Allah SWT

Siapa pun yang gak mau melewatkan pujian Arafah, pasti Allah SWT akan naikkan derajatnya di akhirat. Nah, banget kalau puasa sunah ini sayang sekali aja.

Nah, tunggu apalagi mari raih keutamaan puasa arafah 9 zulhijah.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin