Profil Sekolah

SMA Negeri 1 Lembah Gumanti secara Geografis terletak di Tepian Muaro Danau Diatas Kenagarian Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, berdiri megah diatas tanah seluas 16.790 m. Terletak dilokasi yang sangat strategis di jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Solok Selatan dan lebih kurang 2 km dari pusat ibu kota kecamatan Lembah Gumanti. SMA Negeri 1 Lembah Gumanti merupakan sekolah tertua ke-3 di Kabupaten Solok setelah SMA Negeri 1 Gunung Talang dan SMA Negeri 1 X Koto Singkarak.

Sekolah ini telah dirintis sejak tahun 1982 oleh Kepala SMP Negeri Alahan Panjang bersama beberapa orang guru dan tokoh masyarakat yang peduli dengan kelanjutan pendidikan tamat SLTP warga Alahan Panjang dan kecamatan Lembah Gumanti pada umumnya. Ide ini muncul karena pada saat itu mereka harus melanjutkan pendidikan ke kota Solok yang jaraknya 50 km, Muara Labuh jaraknya 69,2 km bahkan ada yang menempuh pendidikan ke kota Padang dengan jarak 59,9 km, tentu saja memerlukan biaya yang sangat tinggi. Pada awal didirikan sekolah ini melangsungkan proses belajar dengan berpindah-pindah, semula menumpang di gedung MTsN 3 Solok sekarang, lalu pindah ke gedung serba guna SMP Alahan Panjang (sekarang SMP Negeri 1 Lembah Gumanti) dan sempat juga beroperasi di Gedung Nasional Pemuda Alahan Panjang. Pada awalnya tenaga pengajar dimiliki sebagian besar adalah guru–guru SMP Negeri Alahan Panjang dan secara otomtis langsung dikepalai oleh kepala SMP Negeri Alahan Panjang. Biaya operasional perdana didapat dari sumbangan dan partisipasi masyarakat. Karena sekolahnya menumpang pada SMP Negeri Alahan Panjang, maka PBM dilakukan pada siang hari.

SMA Negeri 1 Lembah Gumanti mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berkat kegigihan tokoh–tokoh masyarakat, cadiak pandai dan para ulama, sekolah ini dijadikan filial SMA Negeri Muara Labuh sebagai salah satu prosedur untuk mendirikan Unit Sekolah Baru.

Seiring dengan perjalanan waktu dan hibah tanah dari masyarakat, maka berdirilah sekolah baru yang bernama SMA Negeri Alahan Panjang yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah bernama Drs. Mustafa Kamil sebagai pelaksana tugas. Pada tahun 1984 sekolah ini memiliki izin operasional yang di-SKkan oleh Kanwil Propinsi Sumatera Barat. SMA Negeri 1 Lembah Gumanti terletak di kawasan objek wisata tepian Muaro Danau Diatas Alahan Panjang merupakan salah satu sekolah terbesar dan tertua di Kabupaten Solok dengan SK Pendirian Sekolah pada tanggal 5 Maret 1984 dan SK Izin Operasional pada tanggal 4 Maret 1985.

Setelah beberapa kali perubahan peraturan tentang nomenklatur sekolah, semula sekolah yang bernama SMA Negeri Alahan Panjang berganti nama menjadi SMU Negeri 1 Lembah Gumanti dan terakhir menjadi SMA Negeri 1 Lembah Gumanti hingga sekarang. SMA Negeri 1 Lembah Gumanti sampai saat ini sudah berusia 36 tahun. Dan telah menamatkan ribuan alumni yang berkualitas baik bekerja sebagai PNS, Dosen, Dokter, Guru, Kepala sekolah, Anggota TNI dan Polri, Pengusaha, Pegawai BUMN, BUMD, Pedagang, Petani, maupun sebagai Anggota Legislatif. Baru-baru ini Alumni SMA Negeri 1 lembah Gumanti, Sepris Yonaldi juga terpilih sebagai Rektor Universitas Taman Siswa Padang. Dan yang sangat membanggakan saat ini adalah dengan terpilihnya salah seorang alumni SMA Negeri 1 lembah Gumanti sebagai pengawal Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo.

SMA Negeri 1 lembah Gumanti telah bermetamorfosis dan berkembang sejak berdiri pada tahun 1984. Sampai saat SMA Negeri 1 lembah Gumanti telah mengalami pergantian kepemimpinan sebanyak 14 kali. Dimulai dari (1) Drs. Mustafa Kamil sebagai Plt kepala sekolah perdana, (2) Mardani, (3) Bapak Ali Akbar Syam, (4) Drs. Bakri Medan, (5) Drs. Darmilis Abbas, (6) Drs. Basril, (7) Drs. Asrijal, MM, (8) Drs. Adsyamhardi, (9) Drs. Alianas Syafri, MM, (10) Milbusri, S.Pd, MM, (11) Drs. H. Zulfahmi, (12) Firdaus, S.Pd, MM, (13) Yenti Dewi Darwita, S.Pd, MM sebagai Plt Kepala Sekolah dan terakhir (14) Martin, S.Pd, M.Pd.

SMA Negeri 1 lembah Gumanti sebagai salah satu sekolah besar yang ada di Kabupaten Solok yang terletak di daerah Objek Wisata Danau Diatas, memiliki daya tarik tersendiri bagi calon siswa baru yang akan melanjutkan pedidikannya ke tingkat SLTA. SMA Negeri 1 lembah Gumanti memiliki keunggulan lokalnya berupa daerah pertanian, dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Solok mengembangkan tanaman sayuran dalam kegiatan Sakataruna di bawah bimbingan Pembina Pramuka. Disamping itu program keunggulan lokal yang akan dikembangkan antara lain; Budaya Lingkungan Hijau (Go Green), Pengembangan apotik hidup, Pengolahan sampak organik , mendaur ulang sampah anorganik, menanam tanaman yang merupakan ciri khas daerah seperti markisa, bawang merah dan kol serta melestarikan nilai-nilai budaya alam minang kabau melalui ekstra kurikuler pencak silat dan randai.

Ekskul Karate merupakan Kegiatan Ekstrakurikuler andalan SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Program latihan rutin yang dilaksanakan 2 kali seminggu dengan mendatangkan pelatih dari luar sekolah. Eskul Karate juga diikuti oleh siswa/siswi SD, SMP/MTsN dan SLTA yang ada di kecamatan Lembah Gumanti. Berkat program tersebut maka sudah 3 tahun berturut–turut atlet karate INKAI Dojo SMA Negeri 1 Lembah Gumanti menjadi utusan ke Kejurnas Inkai diantaranya Kejurnas Inkai tahun 2019 di Banjarmasin dan Kejurnas Inkai tahun 2020 di Cibubur Jawa Barat.

Berdasarkan SK Nomor 1313/D7.3/KP/2018 dan SK Nomor 0909/D7.3/KP/2019 SMA Negeri 1 Lembah Gumanti ditunjuk sebagai pelaksana sekolah Model oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Barat tahun 2018 dan 2019 bersama 71 SMA dan SMK se Sumatera Barat. Dalam pelaksanaan sekolah model SMA Negeri 1 Lembah Gumanti juga menggandeng 5 sekolah imbas diantaranya SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti, SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti, SMA Negeri 1 Pantai Cermin, SMA Negeri 1 Danau Kembar dan SMA PP. Dr. M. Natsir Alahan Panjang.

Untuk melebarkan sayap dan memberikan kesempatan siswa SMA Negeri 1 Lembah Gumanti kuliah di luar negeri, maka pada tanggal 12 Februari 2018 dilaksanakan MOU dengan Lincoln University Kuala Lumpur, Malaysia dan tanggal 26 Oktober 2018 dilakukan MOU dengan Tianjin Polytechhnic University, China untuk penerimaan mahasiswa dan beasiswa di perguruan timggi tersebut.

SMA Negeri 1 Lembah Gumanti merupakan kampus idola dibagian selatan, disamping terletak di kawasan Objek wisata Danau Diatas, daerah pertanian yang luas, cuaca yang sejuk dan juga sebagai kampus favorit yang sering dikunjungi oleh berbagai Perguruan Tinggi. Mulai dari UI, ITB, IPB, UGM, UNDIP, STAN, Itera Lampung, Unand, UNP, IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Imam Bonjol Padang, Univ. Bung Hatta, Univ. Taman Siswa, ITP,STKIP PGRI Padang, Ummy Solok, sampai Smart Fast Pekanbaru. SMA Negeri 1 Lembah Gumanti juga tempat favorit berbagai perguruan tinggi untuk pengabdian masyarakat, sebut diantaranya Hima Fisika Unand Padang, Jurusan Kimia Unand Padang, Univ. Bung Hatta, ITP, STKIP PGRI Padang dan Univ. Taman Siswa Padang.

Itulah gambaran sekilas profil pendirian SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok, Sumatera Barat.